Minggu, 06 April 2014

Ayam Panggang Madu

Mumpung si bocil nan ganteng mempesona lagi bobo pagi nih sodara2, saya mau cerita pengalaman perdana saya make alat panggang yang menurut saya yahud. Hih, kampung bingit ya sayah? Biarin, yang penting hepi. Hahaha
Jadi ya, kemaren itu saya ceritanya mau nyobain oven yang masih gress kenyes kenyes. Di postingan kemaren saya sempet nyinggung tentang surprise gift dari mas suamih kan ya? Nah, si oven ini nih yang bikin saya terharu biru di sore hari tanggal 23 Maret. Sebenernya saya sudah mendamba dambakan sebuah oven dari jaman duluuuu banget, sebelum Dian Sastro sibuk ikutan kesting AADC malahan #lebaymaksimal. Eeeh, ujug ujug mak bedunduk (red: suddenly) si oven sudah mojok dengan manis di kamar adik saya. Pas siang siang sih beliaunya pamitnya mau nganter adik ipar yang mau balik kosan. Ternyata oh ternyata, pulang pulang bawa gituan #joget #pelukoven eh #peluksuami.
Nah, berhubung saya masih awam dalam dunia perovenan, saya bingung lah sodara sodara. Kira2 buat percobaan perdana ini, resep yang dieksekusi yang seperti apa ya? Setelah bertapa di gua ngulik2 gugel, nemu lah saya resep yang praktis nan simple namun terlihat elegan (apa coba). Saya nemu resep Ayam Panggang Madu. Saya sedikit modifikasi resepnya, menyesuaikan kebutuhan dan lidah saya tentunya. Hehehe
Bahan:
500 gr daging ayam (saya pake sayap, beli di pasar dapet 5 potong)
1 sdt air jeruk nipis
2 sdm saus tomat
1 sdm saus tiram
2 siung bawang putih
1 siung bawang merah
2 sdm madu
½ sdt bubuk merica
2 sdt garam
2 sdm margarin, lelehkan
1cm jahe

Step by step:
  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe (kalo males ngulek, cincang halus juga bisa)
  2. Campur bumbu yang sudah dihaluskan, air jeruk nipis, saus tomat, saus tiram, madu, merica, garam, dan margarin sampai rata.
  3. Lumuri ayam dengan campuran bumbu. Diamkan 1 jam dalam lemari es. Letakkan di loyang yang sudah dialas aluminium foil dan dioles margarin (kalo saya kemaren pake pinggan tahan panas, jadi ga perlu dialasi aluminium foil sama dioles margarin)
  4. Oven 50 menit dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius sambil dioles sisa bumbu sampai matang dan kecokelatan. 
Di resep aslinya, poin nomor 4 tertera seperti itu. Tapi sodara2, setelah saya cek kok ayam belum matang sempurna ya? Panik dong yah sayanyah? Nah, trus saya ada ide untuk menambah waktu pemanggangan. Saya tambah 40 menit lagi trus saya ubah juga jadi pake api atas api bawah. Fyi, selama 40 menit itu, saya dag dig dug der ga karuan gitu rasanya. Ini nanti berhasil ga ya? bisa dimakan ga ya?
10 menit… ke dapur , ngecek si oven
20 menit… ke  dapur, ngecek si oven
30 menit… ke kulkas, ambil yakult
40 menit… cetring!!

Timer berbunyi, tandanya udah selesai proses pemanggangannya. Bismillah… saya buka perlahan pintu oven. Hmmmm, aroma wangi tercium sudah. Nah, ngeliat si pinggan di dalam oven, saya bingung lagi. Ini ngambilnya gimana??? Mau langsung pake oven glove, kok saya takut #aselikampungbingit. Aha! Saya liat capit panjang (apa sih namanya alat yang bentuknya capit yang biasanya dipake abang2 penjual gorengan itu?). Saya tarik perlahan pinggannya, daaaan…hup! Saya ambil dengan oven glove. Taaadaaaa! Ayam Panggang Madu berhasil keluar dari oven #ngelapkeringat. Trus, how about the taste? Saya berikan kehormatan kepada mas suamih buat ngicip. “Emmmm, mateng.., enak.., bumbunya meresap..” Horeeeeeeee… saya berhasil! #joget #melukayampanggang #meluksuamijuga
Setelah saya icip, emang endess rasanya. Dagingnya empuk, matang sempurna, tulangnya sampe bisa lepas dari daging tanpa perlawanan gitu. hahaha. Cuman di beberapa bagian, yang kurang asin dikiiiiit gitu rasanya. Dimaafkan lah yaah, secara newbie gitchu... #mrenges
ini dia penampakannya      

Begitulah kira2 pengalaman saya pake si oven itu. Hmmmm, besok nyoba buat manggang ubi Cilembu, kayaknya asik yah? Hekekeke...


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar